Monday 15 March 2010

PENYAKIT YANG ADA PADA DIRI MANUSIA

          Secara garis besar penyakit yang menjangkit manusia ada 2 macam, yakni penyakit jasmani (badan) dan penyakit rokhani (penyakit hati).
  • penyakit jasmani (badan)
 Penyakit ini disebabkan karena  berbagai faktor seperti virus, bakteri, kuman dan lain-lain seperti halnya tipes, gudik, flu dan lain sebgaianya. penyakit semacam ini akan bisa langsung dirasakan oleh penderita dengan kata lain yang paling lebih tahu dahulu adalah si penderita.
  • penyakit rokhani (hati)
         Penyakit rokhani atau yang sring dikenal dengan nama penyakit hati, merupakan penyakit yang di derita oleh manusia dan sering sekali manusia tidak sadar kalau dia sedang terkena penyakit ini. dalam bahasa lain bahwa yang pertama kali mengetahui penyakit ini ada atau tidak adalah orang lain, diantara penyakit hati adalah iri, riya', dengki dan lain sebagainya. sebetulnya PR besar bagi kita untuk mampu menyembuhkan bahkan memberantas penyakit semacam ini, kalau dalam penyakit jasmani ada dokter yang mampu menyembuhkan pastilah ada dokter juga yang mampu menyembuhkan penyakit hati. sebenarnya yang paling bisa menyembuhkan penyakit hati ini adalah si penderita, namun persoalannya adalah bagaimana kita mampu untuk menyembuhkan kita mengetahuinya terjangkit atau tidaknya aja sulit. langkah-langkahnya adalh :
  1. interopeksi dan sharing pada teman, keluarga dan orang-orang disekeliling kita, jangan malu dan sungkan untuk meminta masukan dan kritikan dari mereka.
  2. selanjutnya bersambung aja yach lagi gak mood nich....

No comments:

Post a Comment

Coment..