Monday 8 February 2010

BRI Syariah Masuk Reksadana

BRI Syariah Masuk Reksadana

MAKASSAR -- Investasi di reksadana kian menggiurkan. Jumlah investornya terus meningkat. Alasan itu yang mendorong Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah, berencana masuk ke reksadana pada 2011 mendatang.

Demikian diungkapkan Kepala Cabang BRI Syariah Makassar, Rusman Saing, akhir pekan lalu. "Sesuai dengan road map dari pusat, BRI Syariah akan masuk reksadana pada 2011-2012," ujar Rusman.

Rusman melihat, tuntutan persaingan ke depan memang mengharuskan BRI Syariah untuk go public, agar publik nantinya bisa turut memonitor perkembangan kinerja usahanya. Namun, sebagai perbankan syariah lanjut Rusman, produknya nanti tidak bersentuhan dengan barang-barang haram, seperti minuman keras, dan usaha lain yang mudaratnya lebih banyak.

Selain membidik reksadana, BRI Syariah saat ini juga akan lebih banyak konsentrasi ke usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pembiayaan yang dikucurkan BRI Syariah Makassar hingga posisi Desember lanjut Rusman sekira Rp 97 miliar untuk 1.113 orang, dan tahun ini ditargetkan bisa sampai Rp 200 miliar.

Meski membidik sektor UMKM, BRI Syariah juga tetap melayani korporasi untuk memperoleh outstanding. "Bagaimana pun, kita juga tentunya membutuhkan korporasi besar, meski fokus kami tetap ke sektor UMKM," ujar Rusman.

Sementara itu, total simpanan pada 2009 lalu mencapai Rp 20 miliar untuk 3350 orang, dan pada 2010 ini ditargetkan simpanan Rp 80 miliar. Untuk mencapai target tersebut kata Rusman, BRI Syariah mulai masuk ke kalangan bawah. Bagi penabung, dibebaskan dari biaya administrasi. (asw)

No comments:

Post a Comment

Coment..