Friday 12 February 2010

STAIAN

Sejarah Staian

Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi atau kemudian dikenal dengan STAI AN-NAWAWI (STAIAN) Purworejo, adalah sebuah Sekolah Tinggi Agama Islam yang didirikan oleh Yayasan Pengembangan Pondok Pesantren Roudlotut Thullab, sebagai jawaban insan pesantren terhadap tuntutan masyarakat, akan hadirnya sebuah institusi pendidikan tinggi Islam yang mengedepankan akhlaqul karimah dan keseimbangan lahiriyah dan batiniyah.

Pendirian STAI An-Nawawi disandarkan kepada cita-cita luhur al-Marhum al-Maghfurlah K.H. Nawawi beberapa tahun menjelang wafatnya. Pada sekitar tahun 1979, beliau menghendaki dibukanya Fakultas Syariah sebagai ajang pengkaderan hakim-hakim agama. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, maka dimulailah persiapan serius dengan menyiapkan sarana prasarana perkuliahan dengan dibangunnya satu unit gedung yang saat ini dipergunakan sebagai lokasi penyelenggaraan Madrasah Banin.

Pada tahun 1992, keinginan itu muncul kembali dengan dipersiapkannya meubelair perkuliahan.Namun demikian, keinginan itu baru terwujud pada tahun 2001 dengan disusunnya suatu kepanitiaan yang diketuai langsung oleh putra al-Marhum dan disahkan dalam Surat Keputusan Yayasan Nomor 036/SK.Yaspendola/5/2001 tanggal 31 Mei 2001, dengan susunan lengkap kepanitiaan sebagai berikut :

  • Ketua/ Pendiri : K.H. Achmad Chalwani
  • Sekretaris : Sahlan, MSI.
  • Anggota :
    1. Drs. H. Mahsun Zein, M.Pd
    2. Drs. H. Nachrowi Arief
    3. Drs. Miswadi
    4. Ibnu Aqil AK

Usaha serius K.H. Achmad Chalwani dalam mewujudkan amanah ayahandanya belangsung lancar, terbukti dengan turunnya Surat Keputusan Kopertais Wil. X Jawa Tengah Nomor 05 Tahun 2001 tanggal 8 September 2001 tentang Pemberian Ijin Operasional Program Strata Satu (S.1) Jurusan Mu'amalah (Syari'ah) dan Jurusan Aqidah Filsafat (Ushuluddin) Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi Purworejo. SK Kopertais ini kemudian dikukuhkan dengan turunnya SK Dirjen Bagais Nomor DJ.11/12/2003 tanggal 11 Pebruari 2003, tentang Pemberian Ijin Pendirian dan Penyelenggaraan Pendidikan program Strata Satu (S1) Program Studi Muamalah Jurusan Syariah dan Program Studi Aqidah Filsafat Jurusan Ushuluddin.

2 comments:

Coment..