Wednesday 12 January 2011

Desa Bener Kepil Wonososbo

  1. Letak geografis
Desa ini dilewati oleh aliran sungai Bener dan sungai Bogowonto. Dari peta google earth dapat diamati bahwa aliran sungai Bogowonto di desa ini membentuk lembah berbentuk cekungan runcing di sekitar sungai, tidak terlalu lebar tapi sangat curam. Memang seperti itulah kondisi geografis desa ini. Bahkan karena potensi inilah desa Bener akan dibuat mega proyek bendungan terpanjang di Indonesia.

Batas-batas desa Bener yaitu:

a.       Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kepil.
b.      Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Burat.
c.       Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Gadingrejo.
d.      Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Jangkrikan..
  1. Struktur Pemerintahan Desa Bener
Secara struktural Desa Bener dipimpin oleh seorang kepala Desa (kades) yang dipilih oleh rakyat dengan jalan pemilihan secara umum dan bebas.
Dalam melaksanakan tugasnya, seorang kepala Desa dibantu oleh beberapa orang staf, serta sejumlah pamong Desa yang tidak tercantum dalam struktur pemerintahan Desa karena merupakan pejabat fungsional yang ada di Desa Bener. Untuk susunan kelembagaan pemerintahan Desa dapat di ketahui sebagaimana tabel di bawah ini :
TABEL I
STUKTUR PEMERINTAHAN DESA BENER KECAMATN KEPIL







  1. Keadaan penduduk
a.       Jumlah penduduk
Jumlah keseluruhan penduduk Desa Bener yaitu 3410 jiwa. Yang terdiri dari : laki-laki 1669 jiwa dan perempuan 1741 jiwa, sedangkan jumlah kepala keluarga yaitu 793 KK. Dari jumlah keseluruhan penduduk desa Bener tersebut memeluk agama Islam.[1]
b.      Mata pencaharian
Perputaran uang di desa ini memang diakui sangat lambat. Sangat sulit untuk mencari penghasilan dengan berdagang di desa ini. Oleh karena itu, pekerjaan yang ditekuni masyarakat desa ini secara garis besar dapat dibagi menjadi empat kelompok: petani, buruh, usahawan, dan guru/dosen.
Para petani biasanya mengolah ladang mereka yang terletak di pinggir sungai Bogowonto, sementara para buruh sebagian besar pergi ke kota, hidup sebagai urban dan jarang yang kembali lagi ke desa ini setelah mereka sukses di kota besar. Sementara para pebisnis biasanya memanfaatkan desa ini akan potensi kayu yang masih banyak tersedia di desa ini.



c.       Pendidikan
Meskipun terhitung terletak di pelosok Kabupaten, desa ini memiliki angka pendidikan yang cukup baik. Setidaknya pendidikan yang ditamatkan oleh warganya adalah SMA dan perguruan tinggi. Hal ini tentunya cukup mengesankan karena telah aktif berperan serta dalam program pemerintah Wajar 9 Tahun. Setidaknya lebih dari 40% dari pemuda desa Bener melanjutkan ke Pendidikan Tinggi. Dan sisanya merupakan lulusan SMA.
Di desa ini setidaknya terdapat tiga sekolah dasar dan satu sekolah menengah pertama, yakni:
1)      MI dan MTs Muhammadiyah, yang terletak di komplek perguruan Muhammadiyah desa Bener.
2)      MI Ma'arif, terletak di dusun Bener Kidul.
3)      SD Negeri, terletak di dusun Ngadirojo Kulon.
4)      PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang terletak di Dusun Ngadirojo Kulon dan Ngadirojo Wetan.
d.      Keadaan Sosial Ekonomi
Penduduk Desa Bener Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari sebagian besar bekerja dalam bidang swasta, seperti tani dan buruh tani. Namun, ada juga yang berdagang di samping juga sebagai pegawai negeri.
Sebagian besar tanah di Desa Bener merupakan tanah pertanian, keadaan tersebut mendorong sebagian penduduknya untuk bertani, baik di sawah maupun di kebun. Namun, perlu kiranya diketahui bahwa kebun atau sawah tidak seluruhnya milik penduduk Desa Bener itu sendiri, melainkan ada juga penduduk Desa lain yang memiliki kebun atau sawah di daerah ini. Berikut ini adalah data mengenai mata pencaharian penduduk Desa Sumurgung, dengan tabel sebagai berikut :
TABEL II
MATA PENCAHARIAN PENDUDUK DESA BENER
No
Jenis Mata Pencaahrian
Jumlah
1.
Petani :
a.       Petani Pemilik Sawah
b.      Petani pemggarap lahan
c.       Buruh Tani

     592 orang
     763 orang
   1054 orang
2.
Pengusaha bedar/sedang
       13 orang
3.
Buruh Indsutri
     458 orang
4.
Pedagang
     273 orang
5.
PNS
     126 orang
6.
TNI
         6 orang
7.
Nelayan
         - orang
8.
Pemulung
         - orang
9.
Jasa
         - orang
Sumber : Monografi Desa Bener, Desember 2009
Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa dalam memenuhi kebutuhan hidupnya mayoritas masyarakat Desa Bener bekerja sebagai petani, baik petani pemilik lahan, petani penggarap ataupun buruh tani. Ada juga diantara mereka yang bekerja sebagai buruh industri, pedagang PNS, TNI dan juga pengusaha.


[1] Data Rakapitulasi Jumlah Penduduk Desa Bener tahun 2010

No comments:

Post a Comment

Coment..